Background

ISO 9001 - Sistem Manajemen Mutu

Apa itu ISO 9001 ?


ISO 9001 adalah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional, yang merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu.

Sistem Manajemen Mutu adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dan memungkinkan perbaikan yang berkelanjutan. Sistem manajemen mutu juga adalah kemampuan suatu organisasi dalam menjaga kualitas mutu dari jasa atau barang yang dilayankan.

Mengapa ISO 9001 Penting Untuk Organisasi ?


Fokus utama dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah untuk memenuhi dan memberi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan. Fokus ini akan memberikan kontribusi besar untuk keberhasilan organisasi dalam jangka panjang. ISO 9001 menyediakan infrastruktur, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu organisasi memonitor, meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja demi mendorong efektifitas, efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk. Sertifikasi ISO 9001 membantu organisasi untuk menyampaikan proses keterlibatan para stakeholder, reputasi organisasi, kepuasan pelanggan dan manfaat kompetitif.

Siapa Yang Dapat Menggunakan ISO 9001 ?


Semua jenis organisasi dapat mengambil keuntungan dari penerapan persyaratan ISO 9001 berdasarkan prinsip-prinsip manajemen :

  • Fokus kepada pelanggan (customer focus);
  • Kepemimpinan (leadership);
  • Keterlibatan orang / pegawai (engagement of people);
  • Pendekatan proses (process approach);
  • Peningkatan (improvement);
  • Pengambilan keputusan berbasis bukti (evidence-based decision making);
  • Manajemen hubungan (relationship management).

Keuntungan Sertifikasi ISO 9001 ?


Kepuasan pelanggan dengan penyampaian produk / memberikan layanan secara konsisten dalam memenuhi persyaratan-persyaratan pelanggan.
Mengurangi Biaya Operasional dengan peningkatan berkesinambungan pada proses-proses dan hasil efisiensi operasional.
Peningkatan hubungan pemangku kepentingan termasuk staf, pelanggan, dan pemasok
Kepatuhan hukum dengan memahami bagaimana persyaratan peraturan dan perundang-undangan yang memiliki pengaruh tertentu pada organisasi dan pelanggan Anda
Peningkatan kontrol manajemen risiko dengan konsistensi terus menerus dan keberadaan penelusuran produk dan layanan
Pencapaian kepercayaan publik dalam bisnis terbukti dengan verifikasi pihak ketiga yang independen terhadap standar yang diakui
Kemampuan untuk memenangkan lebih banyak bisnis khususnya kepatuhan terhadap spesifikasi pengadaan memerlukan sertifikasi sebagai persyaratan untuk penyediaan barang dan jasa

Ada Pertanyaan ?

Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami Setiap Saat.